Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bentangkan Spanduk soal Malvinas, Timnas Argentina Bawa Politik ke Lapangan

Kompas.com - 09/06/2014, 20:25 WIB
BUENOS AIRES, KOMPAS.com - Para pemain timnas Argentina membuat kejutan dengan membentangkan sebuah spanduk menjelang pertandingan persahabatan melawan Slovenia pada Minggu (8/6/2014).

Bukan spanduk biasa yang digelar Lionel Messi dan kawan-kawan jelang pertandingan di stadion La Plata di sebelah utara ibu kota Buenos Aires itu.

Spanduk yang dibentangkan pasukan asuhan Alejandro Sabella bernuansa politik yang bisa memperuncing hubungan diplomatik Inggris dan Argentina.

Di depan 52.000 penonton, timnas Argentina membentangkan spanduk yang berbunyi "Las Malvinas Son Argentinas" atau kira-kira artinya adalah "Penduduk Malvinas adalah Rakyat Argentina".

Spanduk seperti ini sudah berulang kali dibentangkan sebelum pertandingan yang dilakoni timnas Argentina. Namun, dengan tajuk Piala Dunia membuat pesan ini lebih menarik perhatian.

Kepulauan di Samudra Atlantik Selatan itu diperintah Inggris sejak 1833. Pada 1982, Argentina mengklaim kepemilikan pulau itu dan mencoba merebutnya yang memicu perang singkat antara Argentina dan Inggris.

Perang yang singkat namun sangat berdarah itu dimenangkan Inggris yang membuat penduduk Malvinas atau Falkland masih mengibarkan bendera Inggris.

Empat tahun setelah perang Malvinas, timnas kedua negera bertemu di babak perempat final Piala Dunia 1986 di Meksiko. Saat itu Argentina mengalahkan Inggris dengan 2-1, salah satu gol dicetak sang bintang Diego Maradona yang dikenal sebagai gol "Tangan Tuhan".

Saat itu, Maradona mengatakan kekalahan Argentina dalam Perang Malvinas memberi motivasi tambahan bagi para pemain untuk mengalahkan Inggris.

Pada 1998, di babak 16 besar Piala Dunia 1998 di Perancis, Inggris dan Argentina kembali bertemu. Laga berakhir imbang 2-2 dan Argentina menang lewat adu penalti.

Pertandingan itu menjadi semakin terkenal setelah David Beckham mendapatkan kartu merah menendang Diego Simeone.

Pada 2002 di Piala Dunia Jepang dan Korea Selatan, David Beckham mencetak satu-satunya gol untuk Inggris saat mengalahkan Argentina sekaligus memulangkan negeri Amerika Selatan itu di putaran pertama.

Di Piala Dunia 2014, Inggris dan Argentina baru akan saling bertemu kecuali jika kedua negara lolos ke semi final.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com