Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Siapakah Presiden Baru Ukraina, Petro Poroshenko?

Kompas.com - 08/06/2014, 01:12 WIB
Kontributor Singapura, Ericssen

Penulis

KIEV, KOMPAS.com - Pemilu yang digelar 25 Mei lalu mengantarkan taipan cokelat Petro Poroshenko terpilih menjadi Presiden Ukraina. Petro Poroshenko yang memiliki perusahaan cokelat terbesar di Ukraina meraup 54,7 persen suara dari 21 kandidat dam mengalahkan mantan Perdana Menteri Yulia Tymoshenko yang "hanya" memperoleh 12,9 persen suara.

Poroshenko baru akan membacakan sumpah sebagai presiden Ukraina pada Minggu (8/6/2014). Keunggulan telak Poroshenko merupakan fenomena yang mengejutkan mengingat dia bukan seorang politisi tulen seperti Tymoshenko.

Pengusaha yang maju dari jalur independen ini tercatat “hanya” berpengalaman menjabat sebagai menteri luar negeri dan menteri perdagangan. Di pemerintahan, beliau lebih dikenal sebagai teknokrat dibanding politisi.

Sehari-hari, Rakyat Ukraina lebih mengenal Poroshenko sebagai “raja cokelat” yang baik dan rendah hati. Berbeda dengan konglomerat lain yang terkenal korup, Poroshenko membangun bisnisnya dari bawah tanpa kolusi dan nepotisme dengan pemerintah.

Pabrik cokelatnya menggaji karyawan dengan baik dan memiliki standar keamanan yang tinggi. Sosok yang berasal dari wilayah selatan Ukraina ini dikenal sebagai sosok pragmatis dan kompromis, karakter yang krusial bagi Ukraina yang tengah dijepit kepentingan Uni Eropa dan Rusia.

Jenuh dengan politisi lama yang terlalu “ideologis” dan pro-salah satu kubu seperti Tymoshenko, analisa menunjukkan rakyat Ukraina lebih menyukai sosok fleksibel seperti Poroshenko untuk menangani krisis politik berkepanjangan ini.

Hal terpenting lainnya adalah Poroshenko merupakan pendukung Revolusi Oranye namun juga sahabat dari presiden terguling Victor Yanukovich. Sehingga, Poroshenko diyakini mampu diterima kubu pro-Uni Eropa dan pro-Rusia.

“Saya dikenal sebagai pendukung kuat Uni Eropa, namun penting bagi Ukraina untuk juga memperbaiki hubungan dengan Rusia, Ukraina membutuhkan hubungan yang setara dengan Rusia, hubungan yang tidak mengganggu persahabatan dengan Uni Eropa,” katanya.

Poroshenko menekankan hubungan buruk dengan negeri Beruang Merah berpotensi membahayakan keselamatan rakyat Ukraina. Analis politik Vadim Karasyov memuji Poroshenko sebagai sosok rasional yang mau bernegosiasi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com