Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Junta Militer Thailand Tangkap Aktivis Anti-kudeta

Kompas.com - 06/06/2014, 10:48 WIB
BANGKOK, KOMPAS.com — Junta militer Thailand, Jumat (6/6/2014), mengatakan, telah menahan seorang pemimpin kelompok anti-kudeta di tengah upaya militer membungkam kritik terhadap mereka.

Sombat Boonngamanong, yang memimpin sebuah kampanye internet menentang kudeta militer, ditahan pada Kamis (5/6/2014) malam di Provinsi Chonburi.

"Kami memiliki tim yang melacak dia menggunakan internet. Dia akan menghadapi dakwaan menolak melaporkan diri ke pemerintah militer," kata juru bicara junta militer, Sirichan Ngathong.

Sombat adalah satu dari ratusan orang, termasuk para politisi, aktivis, akademisi, dan jurnalis, yang dipanggil junta militer menyusul kudeta pada 22 Mei lalu.

Mereka yang memenuhi panggilan biasanya akan ditahan di tempat rahasia selama sepekan dan diperintahkan untuk menghentikan semua aktivitas politik.

Sombat, seorang aktivis pro-demokrasi yang cukup konsisten, menolak panggilan militer itu dan malah mengirim pesan lewat akun Facebook-nya. "Tangkap saya kalau bisa," kata Sombat lewat akun Facebook-nya.

Sejak saat itu, Sombat menyerukan agar para pengikutnya menggelar unjuk rasa damai, menggunakan tanda tiga jari dari film Hunger Games yang menjadi simbol perlawanan terhadap junta militer.

Sombat juga dikenal sebagai pemimpin salah satu faksi gerakan "Kaus Merah" yang mendukung Thaksin dan Yingluck Shinawatra, yang dilengserkan bulan lalu dan kini menghadapi pengadilan militer.

Junta militer juga menerapkan undang-undang darurat, sensor media, dan jam malam yang oleh junta disebut sebagai bagian dari upaya untuk mengakhiri kebuntuan politik Thailand.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com