Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Puisi dan Kartun Karya John Lennon Dilelang

Kompas.com - 05/06/2014, 12:40 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com -- Kumpulan puisi, kartun, dan prosa karya pemusik John Lennon, yang dibuat pada tahun 1960-an, sedang dilelang di Sotheby's, New York, AS.

Salah satu koleksi John Lennon adalah tulisan sembilan halaman tentang parodi Sherlock Holmes yang diperkirakan terjual sekitar 209.000 atau hampir Rp 2,5 miliar. Koleksi John Lennon ini dijual oleh mantan penerbitnya, Tom Maschler.

Naskah tulisan lainnya berjudul "The Singularge Experience of Miss Anne Duffield", seperti dilaporkan kantor berita Associated Press, diperkirakan akan terjual antara 50.000 dan 70.000 dollar AS.

Menurut rumah lelang Sotheby's, karya-karya ini merupakan koleksi pribadi terbesar milik John Lennon. Pemilik rumah lelang itu juga mengatakan, 89 persen dari koleksi keseluruhan akan ditawar di atas harga perkiraan.

"Sejauh ini 'I Sat Belonely' merupakan naskah John Lennon yang kami perkirakan akan terjual dengan harga tinggi, yaitu mencapai 25.000 dan 35.000 dollar AS," kata Richard Austin, penanggung jawab lelang buku dan naskah di rumah lelang Sotheby's, New York.

Tulisan John Lennon lainnya yang dilelang adalah 31 cerita pendek dan puisinya yang dibuat pada 1964 dan berjudul "In His Own Write". Sebelum menjadi terkenal sebagai seorang musisi, John Lennon—yang ditembak mati pada 8 Desember 1980—pernah bersekolah seni di Liverpool School of Art.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com