Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Abdul Fattah Al-Sisi Resmi Jadi Presiden Terpilih Mesir

Kompas.com - 04/06/2014, 08:25 WIB

KAIRO, KOMPAS.com — Mantan Panglima Angkatan Bersenjata Mesir Jenderal Abdul Fattah al-Sisi menang secara meyakinkan dalam pemilihan presiden.

Komisi Pemilihan Mesir mengumumkan, Selasa (3/6/2014), al-Sisi memperoleh 96,9 persen suara, sedangkan satu-satunya penantangnya hanya mengantongi sekitar tiga persen suara.

"Berdasarkan angka itu, pemenang pemilihan presiden Republik Arab Mesir yang digelar di luar negeri pada 15, 16, 17, 18 dan 19 Mei 2014 dan di dalam negeri pada 26, 27, dan 28 Mei 2014 adalah Abd-al-Fattah Sa'id Husayn Khalil al-Sisi," kata Ketua Komisi Pemilihan Anwar Rashad al-Asi.

Meski al-Sisi memenangkan pemilihan presiden secara mutlak, tetapi jumlah pemilih yang menggunakan suaranya dalam pemilihan presiden kali ini tercatat hanya 47,5 persen.

Kemenangan ini sudah diprediksi jauh sebelum mantan kepala militer itu mengumumkan pencalonan dirinya. Banyak pemilih mengatakan, Abdul Fattah al-Sisi adalah sosok pemimpin tegas yang diperlukan Mesir.

Organisasi Ikhwanul Muslimin, yang oleh Pemerintah Mesir ditetapkan sebagai organisasi terlarang, menyerukan pemboikotan pemilihan presiden.

Jenderal Besar Abdul Fattah al-Sisi dianggap sebagai sosok utama dalam menggulingkan presiden dari Ikhwanul Muslimin, Mohammad Mursi pada 2013, menyusul protes massal menentang Mursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com