Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mantan Komandan Gerilyawan Dilantik Jadi Presiden Baru El Savador

Kompas.com - 02/06/2014, 19:20 WIB
SAN SALVADOR, KOMPAS.COM - Salvador Sanchez Ceren, mantan komandan gerilyawan kiri yang pernah berperang melawan pemerintah yang didukung Amerika, telah dilantik sebagai presiden baru El Salvador, Minggu (1/6).

Presiden Sanchez Ceren berjanji akan memerangi kejahatan dan memotong penghamburan anggaran pemerintah, ketika dilantik di San Salvador.
 
Sanchez Ceren, yang berusia 69 tahun,  terpilih untuk masa jabatan lima tahun bulan Maret yang lalu.
 
El Salvador sedang berjuang mengatasi ekonomi yang lamban dan kejahatan yang tinggi, yang diakibatkan kekerasan komplotan penjahat dan perdagangan narkoba.
 
Presiden Sanchez Ceren pernah sebagai seorang komandan pemberontak FMLN, kelompok kiri yang bertempur melawan pemerintah yang didukung Amerika pada masa perang saudara 12 tahun El Salvador.
 
Pertempuran itu menewaskan kira-kira 76 ribu orang sebelum persetujuan perdamaian tahun 1992.
 
Sanchez Ceren dan FMLN telah menjadi lebih moderat sejak memasuki  politik negara itu. Ia telah berjanji akan memelihara hubungan baik dengan Amerika Serikat, dimana ratusan ribu imigran Salvador tinggal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com