Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Indonesia Kurangi Pesanan Sapi Hidup Australia

Kompas.com - 02/06/2014, 18:19 WIB
KOMPAS.com — Dalam triwulan kedua 2014, Indonesia akan mengurangi permintaan ekspor sapi hidup dari Australia sebanyak sekitar 70.000 ekor. Awalnya, Indonesia memesan 273.000 sapi untuk bulan April, Mei, dan Juni.

Namun, jumlah ini dikurangi untuk menyesuaikan dengan jumlah permintaan.

Ben Hindle dari Asosiasi Pengekspor Ternak Wilayah Utara menyatakan bahwa banyaknya sapi dan daging kotakan yang masuk ke Indonesia telah memenuhi permintaan pasar lebih cepat dibanding yang diperkirakan.

"Importir-importir di Indonesia telah mengurangi operasi mereka dikarenakan isu permintaan," ucapnya. "Ada banyak daging sapi dan Indonesia mengimpor banyak daging sapi kotakan dari pantai timur Australia, yang memasuki pasar, dan berdampak pada perdagangan ekspor ternak hidup."

Menurut Hindle, Australia bagian utara kemungkinan mengekspor sekitar 200.000 sapi ke Indonesia selama triwulan kedua.

Itu saja sudah merupakan jumlah yang besar, dan industri ini pun sibuk. "Bahkan 200.000 ekor pun sudah termasuk jumlah sapi yang banyak, dan memudahkan produsen, pengekspor, dan pengimpor untuk terus memenuhi permintaan dalam jumlah banyak, yaitu yang dilakukan Indonesia."

Hindle menyatakan bahwa jumlah permintaan dan harga sapi hidup diperkirakan akan meningkat sekitar bulan Ramadhan, yang akan dimulai pada akhir Juni tahun ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com