Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pelaku Penembakan di Museum Yahudi Belgia, Ditangkap

Kompas.com - 02/06/2014, 09:32 WIB
PARIS, KOMPAS.com - Seorang pria berkewarganegaraan Perancis yang diduga terkait dengan kelompok radikal Suriah telah ditahan terkait dengan penembakan fatal di Museum Yahudi, Brussels, Belgia, pekan lalu. Demikian disampaikan Presiden Perancis, Francois Hollande, Minggu (1/6/2014).

Tersangka penembakan itu adalah Mehdi Nemmouche (29), ditahan petugas pabean pada Jumat (30/5/2014), di kota pelabuhan Marseille dalam sebuah bus dari Amsterdam yang melintasi Brussels.

Sejumlah sumber yang dekat dengan aparat keamanan mengatakan tersangka membawa senapan serbu AK-47 dan sebuah pistol genggam serupa dengan yang digunakan dalam penembakan pada 24 Mei yang menewaskan tiga orang dan seorang lainnya masih dalam kondisi koma.

Nemmouche, pria asal Roubaix di Perancis utara itu, diyakini pernah bertempur di Suriah pada 2013 bersama kelompok-kelompok militan. Nama pria ini memang sudah masuh ke dalam catatan pengawasan dinas intelijen dalam negeri Perancis (DGSI).

Pada Sabtu (24/5/2014), seorang pria bersenjata memasuki gedung museum Yahudi di pusat kota Brussels, Belgia. Di situ dia mengeluarkan senapan otomatisnya dan menembaki pengunjung sebelum kabur.

Seorang pasangan asal Israel dan seorang perempuan Perancis tewas seketika dan seorang pemuda Belgia berusia 24 tahun masih dirawat di rumah sakit dalam kondisi mati otak.

Media Belgia melaporkan pelaku penyerangan menggunakan kamera untuk merekam aksinya, sama seperti yang dilakukan Mohammad Merah, pria Perancis yang menembaki warga Yahudi di kota Toulouse dua tahun lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com