Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Masjid di Ibu Kota Republik Afrika Tengah Diserang

Kompas.com - 30/05/2014, 17:30 WIB

BANGUI, KOMPAS.com — Sekelompok pemuda Kristen di Republik Afrika Tengah (RAT), Jumat (30/5/2014), menyerang sebuah masjid dan menutup jalan dengan membakar ban di ibu kota Bangui.

Serangan ini terjadi sehari setelah milisi Seleka menyerang sebuah gereja di Bangui dengan senjata api dan granat yang menyebabkan tewasnya sejumlah orang.

Pemberontak Seleka yang sebagian besar Muslim terlibat dalam sejumlah pertempuran sengit dengan milisi anti-balaka yang sebagian besar Kristen sejak bulan Maret 2013.

Serangan masjid di Lakouranga, Bangui, itu tidak dilaporkan menimbulkan korban. Sebuah laporan menyebutkan masjid dalam keadaan kosong saat serangan dilakukan.

Juru bicara masyarakat Muslim Bangui, Ousmane Abakar, mengatakan kepada kantor berita AFP, "Dalam enam bulan kami menjadi korban kekerasan dan perusakan masjid."

Dia juga mengutuk serangan pada Rabu (28/5/2014) terhadap Gereja Fatima, tetapi mengatakan warga Muslim tidak terlibat atas serangan tersebut.

Serangan terhadap gereja itu menewaskan sekitar 15 orang. Hal ini terjadi beberapa jam setelah konflik di Bangui.

Pendeta Gereja Fatima, Jonas Bekas, mengatakan kepada BBC bahwa pasukan perdamaian terlambat datang untuk menghentikan pembunuhan.

Sekitar seperempat penduduk RAT harus meninggalkan tempat tinggal mereka karena konflik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com