Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Edward Snowden: Saya Dilatih sebagai Mata-mata

Kompas.com - 28/05/2014, 16:12 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com -- Pembocor data rahasia intelijen Amerika Serikat, Edward Snowden, mengatakan dalam sebuah wawancara televisi bahwa ia "dilatih sebagai mata-mata" dan menyamar ketika bekerja di sejumlah negara untuk kepentingan sejumlah lembaga Pemerintah AS.

Dalam sebuah kutipan wawancara di Moskwa, Rusia, dengan NBC Nightly News yang  ditayangkan Selasa waktu AS (atau Rabu waktu Indonesia), Snowden membantah komentar sejumlah kritikus bahwa dia merupakan seorang analis level rendah. Siaran lengkap wawancara tersebut akan disiarkan televisi itu pada Rabu malam waktu AS.

Snowden bekerja untuk Dell sebagai kontraktor Badan Keamanan Nasional AS (NSA) dari tahun 2009 sampai pada awal tahun ini, kemudian sebagai kontraktor perusahaan konsultan manajemen Booz Allen Hamilton. Sejumlah laporan sebelumnya menyebutkan bahwa dia bekerja untuk CIA sebagai seorang penjaga keamanan dari usia 19 tahun dan sebagai seorang operator yang menyamar dalam penugasan di luar negeri pada usia 23 tahun.

"Ya, bukan rahasia lagi bahwa saat ini AS cenderung untuk mendapatkan data intelijen lebih banyak dan lebih baik dari komputer ketimbang yang mereka dapatkan dari para agen manusia," kata Snowden kepada pembaca berita NBC, Brian Williams.

"Saya dilatih sebagai mata-mata dalam pengertian tradisional kata itu di mana saya tinggal dan bekerja dengan menyamar di luar negeri, berpura-pura bekerja pada pekerjaan yang bukan pekerjaan saya, dan bahkan menggunakan nama yang bukan nama saya."

Snowden yang menggambarkan dirinya sebagai seorang "ahli teknis" berkata, "Saya tidak bekerja dengan orang. Saya tidak merekrut agen-agen. Apa yang saya lakukan adalah membuat sistem bekerja untuk Amerika Serikat. Dan saya telah melakukan itu di semua lini, dari level bawah hingga atas."

Dia mengatakan, dia melakukan pekerjaannya buat CIA dan NSA di sejumlah negara dengan cara menyamar dan memberi kuliah di Joint Counterintelligence Training Academy "di mana saya membangun sejumlah sumber dan metode untuk menjaga informasi kami dan membuat orang-orang aman di lingkungan yang paling bermusuhan dan berbahaya di seluruh dunia".

"Jadi, ketika mereka (para kritikus) bilang saya seorang administrator sistem tingkat rendah bahwa saya tidak tahu apa yang saya bicarakan, saya akan mengatakan itu agak menyesatkan," tambah Snowden.

Snowden, yang melarikan diri ke Hongkong dan kemudian Moskwa tahun lalu, diyakini telah membawa 1,7 juta dokumen terkomputerisasi. Dokumen yang bocor itu mengungkapkan program besar yang dijalankan NSA yang mengumpulkan informasi dari e-mail, panggilan telepon, dan penggunaan internet oleh ratusan juta rakyat Amerika.

Tahun lalu, dia didakwa di AS dengan pencurian properti pemerintah, membeberkan secara tidak sah informasi pertahanan nasional, dan dengan sengaja membeberkan data rahasia intelijen ke pihak yang tidak berwenang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com