Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Soal Israel-Palestina, Paus Fransiskus Puji Keberanian Peres dan Abbas

Kompas.com - 27/05/2014, 09:16 WIB

ROMA, KOMPAS.com -- Paus Fransiskus, Senin (26/5/2014), menyatakan, Presiden Israel Shimon Peres dan Presiden Palestina Mahmoud Abbas punya keberanian dengan menerima undangannya datang ke Vatikan untuk berdoa bersamanya.

"Abbas dan Peres punya keberanian untuk bergerak maju," kata Fransiskus kepada para wartawan dalam penerbangan pulang dari lawatan ke Timur Tengah. Paus membuat beberapa kejutan untuk mendorong perdamaian di wilayah itu di sela kunjungan tiga hari untuk peringatan ulang tahun Kristen Ortodoks.

Menurut Paus, undangannya kepada kedua pemimpin negara tersebut bukan langkah diplomasi, melainkan juga bagian dari spiritualitas. "Pertemuan di Vatikan adalah doa bersama. Itu bukan mediasi," kata dia. "Ini doa tanpa diskusi," imbuh dia.

Paus Fransiskus membuat tawaran pribadi bagi perdamaian Palestina dan Israel, Minggu (25/5/2014), dengan mengundang kedua pemimpin negara bergabung dengannya untuk doa bersama, doa memohon diakhirinya konflik di kawasan tersebut yang menurut dia sudah semakin tak dapat diterima setelah kegagalan pembicaraan damai yang dimotori Amerika Serikat.

Pejabat senior Palestina, Minggu, menyatakan, Abbas menerima undangan yang dijadwalkan untuk 6 Juni 2014 itu. Adapun jawaban dari Peres datang pada Senin dengan pernyataan, "Kami akan senang memanjatkan doa seperti ini di rumah kami maupun di rumah Anda, sesuai dengan undangan Anda yang murah hati seperti pilihan Anda."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com