Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Modi Dilantik Jadi PM Baru India

Kompas.com - 27/05/2014, 08:44 WIB
NEW DELHI, KOMPAS.com -- Narendra Modi telah diambil sumpah sebagai perdana menteri baru India, hari Senin (26/5/2014), setelah Partai Nasionalis Hindu, BJP, yang ia pimpin meraih suara mayoritas di pemilihan umum dua pekan lalu.

"Saya akan bekerja tanpa rasa takut ... tanpa diliputi kebencian dan akan menegakkan keadilan seperti diamanatkan konstitusi," kata Modi.

Kabinet yang ia bentuk juga diambil sumpah. Sekutu dekat Modi, Arun Jaitley, ditunjuk menjadi menteri keuangan dan politikus perempuan paling senior di BJP, Sushma Swaraj, menduduki pos menteri luar negeri.

Di antara tamu undangan acara pelantikan Modi terdapat Perdana Menteri Pakistan Nawaz Sharif yang mengatakan bahwa pembicaraan bilateral hari Selasa (27/5/2014) merupakan kesempatan yang baik untuk memulai lembar baru hubungan kedua negara.

"Ini adalah peluang untuk berbicara. Kedua pemerintahan memiliki mandat yang kuat ... ini semua bisa membantu membuka babak baru hubungan kita," kata PM Sharif.

Dalam 60 tahun terakhir, India dan Pakistan—yang sama-sama memiliki senjata nuklir—sudah tiga kali terlibat perang.

BJP pimpinan Modi dikenal mengampanyekan kebijakan yang keras terhadap Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com