Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Wali Kota Kiev, Vitali Klitscko Janji Bersihkan Sisa Unjuk Rasa

Kompas.com - 26/05/2014, 21:45 WIB
KIEV, KOMPAS.com -- Wali kota terpilih Kiev, Ukraina, dan mantan juara tinju kelas berat Vitali Klitschko, Senin (26/5/2014), berjanji akan membongkar semua perkemahan pengunjuk rasa yang menggulingkan pemimpin pro-Rusia, Viktor Yanukovych.

Sisa-sisa perkemahan pengunjuk rasa di Lapangan Maidan itu kini teronggok begitu saja dan menjadi gangguan bagi pengguna jalan di ibu kota Ukraina itu.

Janji ini diucapkan Klitschko setelah memastikan kemenangannya dalam pemilihan wali kota. Dia mengatakan, para pengunjuk rasa sudah mencapai tujuannya dan kini tiba saatnya bagi semua orang untuk kembali ke kehidupan normal.

"Saya yakin misi utama Lapangan Maidan sudah tercapai. Kita sudah menyingkirkan diktator," kata Klitschko merujuk Viktor Yanukovych yang digulingkan.

"Saya yakin barikade-barikade itu sudah menunaikan tugasnya dan sudah saatnya disingkirkan," tambah Klitschko dalam jumpa pers.

Sisa-sisa "perjuangan" itu kini malah mengundang protes warga yang menganggap pusat kota Kiev kini menjadi pusat hunian para pemabuk dan penjahat yang membuat citra Kiev menjadi buruk.

"Kami ingin (pemerintah baru) membersihkan puing-puing itu. Kami sudah lelah melihatnya," kata seorang penduduk Kiev bernama Anton.

"Ini saatnya negeri kami melihat cahaya di ujung terowongan," tambah Anton.

Gerakan protes EuroMaidan, yang diambil dari aspirasi lebih dekat ke Uni Eropa dan dilakukan di Lapangan Maidan, pecah pada November tahun lalu ketika Presiden Yanukovych memutuskan untuk meninggalkan Uni Eropa dan memilih mendekatkan diri dengan Kremlin.

Unjuk rasa itu kemudian berbuntut kekerasan selama tiga hari pada Februari lalu yang menewaskan hampir 100 orang, memaksa Yanukovych kabur ke Rusia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com