Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diplomat Italia Dituduh Lecehkan Anak Jalanan Filipina

Kompas.com - 26/05/2014, 18:24 WIB
MANILA, KOMPAS.com — Kejaksaan Filipina, Senin (25/5/2014), mengatakan, seorang diplomat asal Italia kemungkinan terlibat dalam pelecehan seksual terhadap tiga anak jalanan.

Daniele Bosio (46) sedang berlibur di Filipina saat ditahan bulan lalu. Penahanan Bosio ini menyusul laporan organisasi advokasi hak anak-anak kepada polisi karena melihat diplomat ini berlaku "tak senonoh" terhadap tiga anak-anak di sebuah taman bermain di dekat Manila.

Anak-anak itu, berusia antara 9-12 tahun, kemudian mengaku sebelum berangkat ke taman bermain, Bosio membawa mereka ke sebuah apartemen dan meraba-raba alat vital mereka.

Jaksa Agripino Baybay, dalam temuannya, menolak semua pembelaan Bosio yang mengatakan bahwa dia merasa iba dan mencoba menolong tiga bocah miskin itu dengan mengajak mereka bersenang-senang.

Bosio, duta besar Italia untuk Turkmenistan, sebelumnya telah membantah melakukan pelecehan seksual terhadap anak-anak itu. Kementerian Luar Negeri Italia dikabarkan telah menonaktifkan Bosio sejak dia ditahan aparat Filipina.

Baybay merekomendasikan Bosio dijerat tiga dakwaan yang melanggar undang-undang anti-pelecehan anak-anak Filipina dan tiga dakwaan penyelundupan manusia. Jika semua tuduhan itu terbukti, maka Bosio terancam hukuman penjara minimal enam tahun dan maksimal seumur hidup.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com