Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Tembaki Kapal Perang Korea Selatan

Kompas.com - 22/05/2014, 19:11 WIB
SEOUL, KOMPAS.com — Militer Korea Utara, Kamis (22/5/2014), melepaskan tembakan ke perairan tak jauh dari sebuah kapal perang Korea Selatan yang sedang berpatroli di perairan Laut Kuning yang disengketakan kedua negara.

Dua peluru jatuh tak jauh dari kapal perang Korea Selatan yang berlayar dekat Pulau Yeonpyeong. Insiden ini memicu evakuasi penduduk di pulau tersebut.

"Korea Utara menembakkan dua peluru dan jatuh di dekat kapal kita, namun tidak membahayakan atau merusak kapal itu," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Korea Selatan.

Aksi Korea Utara itu terjadi pada pukul 18.00 waktu setempat, memicu respons dari kapal perang Korea Selatan yang balas menembakkan sejumlah peluru ke perairan Korea Utara.

Pada Rabu (21/5/2014), Korea Utara mengancam akan menyerang kapal Korea Selatan tanpa peringatan jika terjadi "pelanggaran" di perbatasan laut kedua negara.

Korea Utara tidak mengakui perbatasan di Laut Kuning, yang sempat memicu perang laut singkat pada 1999, 2002, dan 2009.

Pada 2010, Korea Utara menembaki Pulau Yeonpyeong yang menewaskan empat prajurit Korea Selatan dan sempat memunculkan kekhawatiran akan pecahnya perang terbuka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com