Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kirim Pasukan Buru Penculik Siswi Nigeria

Kompas.com - 22/05/2014, 08:29 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM - Presiden Amerika Barack Obama mengirim 80 anggota militer Amerika ke Chad guna membantu menemukan lebih dari 250 siswi yang diculik militan Islamis bulan lalu di tetangganya, Nigeria.

Dalam surat hari Rabu (21/5/2014) ke Kongres Amerika, Obama mengatakan personel Amerika itu akan “mendukung operasi intelijen, pengintaian dan pesawat pengintai” di kawasan Nigeria utara dan di “daerah sekitarnya.” Ia mengatakan pasukan itu akan tinggal di Chad untuk mencari para anak perempuan itu hingga tidak lagi dibutuhkan.
 
Para siswi itu diculik militan Boko Haram pada 14 April dari sebuah sekolah asrama di daerah terpencil dekat perbatasan dengan Kamerun, Niger dan Chad. Keberadaan mereka masih belum diketahui.
 
Gedung Putih minggu lalu mengatakan telah mengerahkan sejumlah pesawat pengintai Amerika ke kawasan itu, dan mengatakan telah membagi hasil gambar-gambar satelit komersil dengan pemerintah Nigeria. Beberapa pejabat Departemen Luar Negeri Amerika dan penyidik federal juga membantu pencarian itu.
 
Pengerahan itu diumumkan hanya beberapa jam setelah saksi-saksi mata mengatakan tersangka militan menewaskan hampir 30 orang di dua desa dekat Chibok, lokasi sekolah asrama para siswi itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com