Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pangeran Charles Samakan Putin dengan Hitler

Kompas.com - 21/05/2014, 13:34 WIB
LONDON, KOMPAS.COM — Pangeran Charles dari Inggris memicu kontroversi dalam kunjungannya ke Kanada saat membandingkan tindakan Presiden Rusia Vladimir Putin baru-baru ini dengan aksi Adolf Hitler. Demikian lapor Daily Mail, Rabu (21/5/2014).

Harian Inggris itu menyatakan, sejumlah saksi mendengar Pangeran Charles memberikan komentar buat Marienne Ferguson (78 tahun), yang melarikan diri dari Nazi saat masih berusia 13 tahun dan kehilangan sejumlah anggota keluarga dalam Holocaust.

"Saya... berbicara dengannya tentang latar belakang keluarga saya sendiri dan bagaimana saya datang ke Kanada," kata Ferguson kepada Daily Mail. "Sang Pangeran kemudian berkata, "Dan sekarang Putin melakukan hal yang hampir sama dengan Hitler."

"Saya harus bilang bahwa saya setuju dengannya dan saya yakin banyak orang juga (setuju)," tambah Ferguson. "Saya sangat terkejut bahwa ia membuat komentar yang saya tahu mereka (keluarga kerajaan) tidak akan mengatakan hal-hal seperti ini, tetapi itu sangat tulus dan jujur."

Pewaris takhta kerajaan Inggris itu bertemu Ferguson dalam sebuah tur ke Museum Imigrasi Kanada di Halifax, Nova Scotia, sebagai bagian dari perjalanan empat harinya ke Kanada bersama istrinya, Camilla.

Charles akan bertemu dengan Putin pada peringatan hari-H pertempuran Normandia pada tanggal 6 Juni mendatang di Perancis.

Pihak Istana Kerajaan Inggris sejauh ini menolak untuk mengomentari laporan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com