Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejumlah Obyek dari Antariksa Ditemukan di China

Kompas.com - 19/05/2014, 11:34 WIB
BEIJING, KOMPAS.COM — Sejumlah obyek yang jatuh di daratan China telah diidentifikasi sebagai puing-puing antariksa, lapor media pemerintah negara itu. Obyek-obyek itu ditemukan setelah sebuah roket Rusia yang membawa sebuah satelit komunikasi jatuh lagi ke Bumi, beberapa menit setelah lepas landas.

Kota Qiqihar di Provinsi Heilongjiang di timur laut China, yang berbatasan dengan Rusia timur jauh, melaporkan bahwa sejumlah obyek tampaknya telah jatuh dari langit pada Jumat, kata kantor berita Xinhua.

Setelah dianalisis, para ahli menyimpulkan bahwa benda-benda itu merupakan "bagian dari sebuah roket pengangkut atau satelit", lapor Xinhua, Minggu (18/5/2014), yang mengutip China National Space Administration.

Pihak berwenang sedang berkomunikasi tentang masalah ini "dengan pihak-pihak terkait", tambah laporan itu.

Laporan itu muncul setelah para pejabat antariksa Rusia mengatakan, mesin kontrol roket Proton gagal pada Jumat, sembilan menit lebih setelah lepas landas dari pusat ruang angkasa Baikonur di Kazakhstan yang disewa Moskwa. Peristiwa itu merupakan kegagalan terbaru bagi industri luar angkasa Rusia yang pernah menjadi kebangaan negara itu.

Televisi negara memperlihatkan roket pengangkut dan satelit Express-AM4P yang dibawanya terbakar di lapisan atas atmosfer. Satelit bernilai 205 juta dollar AS itu, yang dibangun Astrium dari perusahaan Airbus Group, dimaksudkan untuk menyediakan akses internet bagi wilayah pelosok Rusia yang punya akses komunikasi buruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com