Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Negara-negara Afrika Barat Nyatakan Perang Melawan Boko Haram

Kompas.com - 17/05/2014, 23:42 WIB
PARIS, KOMPAS.com - Nigeria dan negara-negara tetangganya, Sabtu (17/5/2014), mendeklarsikan perang melawan Boko Haram, dalam pertemuan tingkat tinggi membahas militansi Boko Haram di Paris, Perancis.

Dalam pertemuan di Paris itu, Presiden Nigeria Goodluck Jonathan bersama rekan-rekannya dari Benin, Chad, Kamerun dan Niger menyepakati sebuah rencana aksi yang dirancang untuk menghadapi kelompok yang dituding sudah menewaskan 2.000 orang tahun ini saja.

Presiden Kamerun Paul Biya menyatakan kesepakatan ini merupakan sebuah deklarasi perang terhadap kelompok militan Islam itu. Sedangkan Presiden Benin Thomas Boni Yayi mengatakan intoleransi antaragama tak mendapat tempat di Afrika.

Sementara Presiden Perancis Francois Hollande, Boko Haram sudah terbukti merupakan sebuah organisasi teror.

"Kita sudah menyaksikan apa yang bisa diperbuat organisasi ini (Boko Haram). Mereka mengancam warga sipil, menyerang sekolah dan menculik warga sejumlah negara. (Warga) Perancis adalah salah satu korbannya," ujar Hollande saat menutup pertemuan itu.

"Saat lebih dari 200 siswi diculik dan disekap dalam kondisi mengenaskan dengan kemungkinan akan dijual sebagai budak, tak ada lagi yang bisa dilakukan kecuali bertindak," tambah Hollande.

Rencana aksi yang disepakati ini meliputi upaya pengawasan terkordinasi, berbagi informasi intelijen dan kerja sama mengamankan perbatasan antarnegara.

Negara-negara Afrika Barat juga dijanjikan bantuan berupa peralatan pengintaian dan tenaga ahli dari Inggris, Perancis dan Amerika Serikat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com