Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kirim Video Mengemudi Mobil, Wanita Saudi Diceraikan Suaminya

Kompas.com - 13/05/2014, 20:53 WIB
RIYADH, KOMPAS.com — Seorang pria Arab Saudi dikabarkan telah menceraikan istrinya setelah sang istri mengirimkan sebuah video yang merekam aksinya mengemudikan mobil di tempat umum.

Situs berita setempat, Sabq, mengabarkan, perempuan itu mengirimkan video lewat WhatsApp dengan tujuan ingin memberikan kejutan untuk sang suami.

Benar saja, sang suami tak hanya terkejut, tetapi juga marah besar. Menurut Sabq, pria itu menyebut istrinya sudah melanggar hukum, tradisi, dan norma yang berlaku.

Pria itu kemudian membawa permasalahannya ke pengadilan dan mengatakan kepada hakim bahwa dia telah meminta istrinya kembali ke keluarganya sambil menunggu surat cerai diterbitkan.

Saat kisah ini muncul di media, reaksi beragam muncul dari para pengguna sosial media, terutama atas keputusan sang suami yang menceraikan istrinya.

Sebagian mendukung tindakan sang suami yang dianggap mempertahankan tradisi, sementara sebagian lainnya mengkritik keputusan pria tersebut.

Secara tradisional, perempuan Arab Saudi dilarang mengemudi mobil karena dianggap sebagai cara untuk melindungi masyarakat dari kejahatan.

Namun, kini mulai banyak perempuan Saudi yang menentang larangan mengemudi ini. Pada Oktober tahun lalu para aktivis perempuan Saudi berencana menggelar aksi mengemudi di jalanan sebagai bentuk protes.

Namun, aksi itu dibatalkan setelah gelombang penolakan dari kelompok ulama ultrakonservatif dan peringatan dari kementerian dalam negeri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com