Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sopir Taksi di China Kembalikan Uang Rp 300 Juta Milik Penumpangnya

Kompas.com - 13/05/2014, 20:19 WIB
BEIJING, KOMPAS.com — Seorang sopir taksi yang jujur menjadi buah bibir di China setelah dia mengembalikan satu kantong berisi uang tunai bernilai besar yang tertinggal di kursi belakang taksinya.

Zhao Lei menemukan uang tunai sebesar 16.200 poundsterling atau lebih dari Rp 300 juta di dalam sebuah kantong kertas di kursi belakang taksinya setelah mengantar sepasang muda mudi ke sebuah dealer mobil di kota Harbin, Provinsi Heilongjiang, China.

Bukannya menyimpan "rezeki nomplok" itu yang jumlahnya tiga kali lipat pendapatannya setahun, Zhao justru menyerahkan uang itu ke manajemen perusahaan taksi tempatnya bekerja.

Perusahaan taksi kemudian menghubungi penumpang taksi Zhao yang mengatakan mereka membawa uang itu untuk membeli mobil baru. Uang itu kemudian dikembalikan kepada sang empunya.

Pasangan muda itu sangat gembira mendapatkan uangnya kembali dan menawarkan hadiah uang kepada Zhao sebesar 10.000 yuan atau sekitar Rp 18 juta sebagai imbalan atas kejujurannya.

Namun, Zhao menolak hadiah tersebut karena menganggap mengembalikan uang itu adalah bagian dari kewajibannya sebagai seorang sopir taksi.

"Ini adalah hal yang harus saya lakukan. Semua orang yang kehilangan uang sebanyak itu akan kebingungan. Saya tak ingin mengambil keuntungan dari itu," kata Zhao.

Pendapatan rata-rata warga China dalam setahun adalah 4.500 poundsterling atau hampir Rp 90 juta. Artinya hadiah yang ditawarkan pemilik uang bernilai sangat besar bagi rata-rata warga China.

Pendapatan pengemudi taksi seperti Zhao maksimal hanya Rp 9 juta per bulan dengan 14 jam kerja selama enam hari sepekan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Daily Mail
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com