Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal Vietnam dan Tiongkok Saling Tembak Meriam Air

Kompas.com - 13/05/2014, 08:26 WIB
HANOI, KOMPAS.com -- Salah satu kapal patroli Vietnam terlibat tembak-menembak meriam air dengan kapal-kapal Tiongkok di perairan sengketa Laut China selatan, Senin (12/5/2014).

Media Pemerintah Vietnam mengatakan, salah satu kapal patroli negara itu terlibat tembak-menembak meriam air dengan kapal-kapal Tiongkok dalam pertikaian yang meningkat setelah Beijing menempatkan anjungan minyak di perairan yang disengketakan di Laut China Selatan.

Laporan itu menyebut kedua belah pihak saling menyemprotkan air bertekanan tinggi, Senin, di dekat lokasi anjungan minyak tersebut. Tidak ada laporan tentang korban.

Pada KTT ASEAN yang baru saja berakhir di Myanmar, Perdana Menteri Vietnam Nguyen Tan Dung menuduh Beijing melakukan "tindakan yang sangat berbahaya" dan meminta perhimpunan itu untuk mengambil sikap bersatu dalam masalah tersebut.

ASEAN menyatakan "keprihatinan serius" atas situasi itu dan menyerukan penyelesaian damai, tetapi tidak menyebut Tiongkok.

Senin, juru bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok, Hua Chunying, mengatakan, upaya Hanoi untuk menggalang dukungan ASEAN melawan Beijing akan gagal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com