Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemerintah Nigeria Tak Akan Penuhi Syarat Boko Haram

Kompas.com - 12/05/2014, 21:03 WIB
ABUJA, KOMPAS.com — Pemerintah Nigeria, Senin (12/5/2014), menolak syarat yang diajukan kelompok militan Boko Haram terkait pembebasan lebih dari 200 orang siswi yang diculik dari kota Chibok bulan lalu.

Lewat sebuah video baru yang dirilis Boko Haram, pemimpin kelompok itu, Abubakar Shekau, mengatakan, ratusan gadis itu baru akan dibebaskan jika pemerintah juga membebaskan anggota Boko Haram yang ditahan.

Saat ditanya apakah pemerintah akan menolak tawaran Abubakar Shekau itu, Menteri Dalam Negeri Abba Moro hanya menjawab singkat.

"Tentu saja (akan menolak). Isu utama dalam masalah ini bukan tentang Boko Haram mengajukan persyaratan," kata Abba.

Pada 14 April lalu, kelompok militan Boko Haram menculik ratusan siswi sebuah sekolah perempuan di kota Chibok, negara bagian Borno, Nigeria. Beberapa siswi berhasil meloloskan diri, tetapi ratusan lainnya belum ditemukan.

Pemerintah Nigeria banyak dikecam karena dianggap lamban bereaksi dalam mengatasi masalah ini. Pemerintah baru bergerak setelah Boko Haram mengancam akan menjual anak-anak perempuan itu.

Pemerintah Nigeria kini juga menerima bantuan dari luar negeri. Saat ini, AS, Inggris, Perancis, China, dan Israel sudah mengirimkan tim ahlinya untuk membantu Pemerintah Nigeria menemukan para siswi ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com