Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Angelina Jolie Kecam Aksi Boko Haram

Kompas.com - 09/05/2014, 22:34 WIB
LOS ANGELES, KOMPAS.com — Aksi kelompok militan Boko Haram yang menculik ratusan gadis remaja di Nigeria ternyata mengusik hati aktris Hollywood, Angelina Jolie. Pemeran petualang Lara Croft itu menilai, aksi Boko Haram itu merupakan sebuah kejahatan yang tak bisa dibayangkan.

"Saya sangat muak dengan itu. Memikirkan mereka (para siswi) ada di luar sana, ketakutan dan dilecehkan lalu kemudian dijual, sangat mengusik dan sangat tak bisa dipahami seseorang bisa melakukan ini semua," kata Jolie kepada stasiun televisi berita Perancis, i-Tele.

Jolie yang akan memerankan tokoh penyihir jahat dalam film terbarunya Maleficent mengatakan, tokoh yang diperankannya adalah tokoh fiktif belaka dan ternyata ada iblis sebenarnya di dunia.

"Sungguh menyedihkan saat mengetahui ada iblis sebenarnya di dunia ini. Anda melihat berita dan menyaksikan penderitaan warga. Banyak kejahatan yang tak masuk akal, termasuk penculikan para gadis di Nigeria. Itu kejahatan yng tak masuk akal," tambah istri aktor Brad Pitt itu.

Lebih jauh Jolie mengomentari keyakinan Boko Haram dan menyerukan langkah konkret untuk mengatasi masalah ini.

"Mereka tak hanya meyakini perempuan tak boleh mendapatkan pendidikan dan itu sangat salah. Tak hanya itu, mereka menganggap perempuan hanya sebagai obyek dan jika dunia tak bergerak, mereka akan semakin keras," lanjut dia.

Sejumlah pemimpin Islam di berbagai negara mengecam Boko Haram yang menggunakan kedok agama untuk membenarkan tindakan mereka melakukan penculikan dan berencana menjual para gadis itu.

Sementara itu, sejumlah negara lain, seperti AS, Perancis, dan Tiongkok sudah menjanjikan bantuan kepada Pemerintah Nigeria untuk menyelesaikan masalah ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com