Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB: 1 Miliar Orang Masih Buang Air Besar Sembarangan

Kompas.com - 09/05/2014, 22:07 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com - Para pakar PBB mengatakan satu miliar orang masih buang air sembarangan yang menyebabkan tersebarnya penyakit fatal seperti kolera, diare, dan hepatitis.

Dua badan PBB, UNICEF dan WHO mengatakan upaya untuk meningkatkan sanitasi untuk  masyarakat miskin dipusatkan untuk membangun kakus sederhana namun rencana ini sering diabaikan.

Di India, lebih dari 600 juta orang masih buang air di tempat terbuka dan para ilmuwan mengatakan miliaran dolar yang dianggarkan untuk meningkatkan sanitasi tidak memecahkan masalah.

Sementara di Indonesia, berdasarkan data WHO dan UNICEF pada 2012, 63 juta orang buang air sembarangan.

Namun, para ahli dari PBB mengatakan Bangladesh dan Vietnam berhasil mengatasi masalah buang air sembarangan ini tahun lalu.

Pada tahun 1990-an, sebanyak satu dari tiga orang yang buang air sembarangan di kedua negara itu.

Secara keseluruhan, jumlah orang yang buang air sembarangan turun dari 1,3 miliar orang pada 1990 menjadi satu miliar orang saat ini.

Sekitar 90 [ersen dari jumlah itu tinggal di daerah pedesaan. Menurut penelitian PBB mereka masih buang air besar di parit, di balik semak-semak atau aliran sungai tanpa privasi. Praktik seperti ini masih meningkat datanya di 26 negara di sub-Sahara Afrika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com