Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malaysia dan Indonesia Perluas Kerja Sama Jelang KEA 2015

Kompas.com - 08/05/2014, 20:19 WIB
KOMPAS.com - Menjelang realisasi Komunitas Ekonomi ASEAN (KEA) 2015, Malaysia dan Indonesia makin memperluas kerja sama pada bidang teknologi. Upaya ini akan mendukung peningkatan posisi ekspor impor kawasan melebihi angka 21 persen. Catatan termutakhir pada Kamis (8/5/2014), menunjukkan ekspor impor Negeri Tirai Bambu ke ASEAN bisa melampaui angka 20,92 persen saat KEA terwujud.

Kerja sama bilateral itu juga yang melandasi perhelatan LAB Indonesia 2014 yang akan usai pada Jumat (9/5/2014) sejak Rabu (7/5/2014) di Jakarta Convention Center. Selain kedua negara tadi, India, Jerman, Korsel, Singapura, Taiwan, Inggris, dan AS ikut serta.  Ada 200 peserta pameran berpartisipasi.

LAB Indonesia 2014 menampilkan berbagai produk, instrumentasi dan teknologi terbaru hampir di semua bidang baik dalam ilmu analisa maupun pelayanan laboratorium pada umumnya. Pertumbuhan kebutuhan peralatan laboratorium dan teknologi instrumen di berbagai bidang penelitian dan pengembangan telah menjadikan LAB Indonesia 2014 sebagai satu-satunya kegiatan yang menampilkan instrumen dan teknologi canggih. Pada akhirnya, upaya ini mendukung inovasi kreatif dalam memberikan nilai tambah pada sumber daya alam dan daya saing Indonesia.

Selain pameran peralatan dan teknologi, LAB Indonesia menggelar berbagai seminar yang dengan tema-tema yang berfokus pada isu-isu kontemporer dan solusi-solusi inovatif. "LAB Indonesia 2014 sebagai pameran internasional dapat meningkatkan kemampuan berinovasi di Indonesia dan mendukung program pemerintah dalam hal perlindungan konsumen,” kata Kepala Badan Pengkajian Kebijakan Iklim dan Mutu Industri (BPKIMI) Kementerian Perindustrian Aryanto Sagala.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com