Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kota Shanghai Ekspansi Perdagangan ke ASEAN

Kompas.com - 08/05/2014, 19:51 WIB
KOMPAS.com - Pemerintah Kota Shanghai menjelang pemberlakuan Komunitas Ekonomi ASEAN 2015 melakukan ekspansi perdagangan ke kawasan ASEAN. Upaya ini mendapat dukungan juga dari pemerintah pusat Negeri Tembok Raksasa. Data terkumpul menunjukkan sampai dengan akhir 2013, nilai impor Indonesia dari Negeri Panda mencapai 29,57 miliar dollar AS, atau naik 2,1 persen ketimbang pada 2012. Kendati begitu, Negeri Tirai Bambu juga mencatatkan diri sebagai pembeli sumber daya dan produk nonmigas Indonesia.

Pemerintah Kota Shanghai, dalam catatan sudah 13 kali melakukan ekspansi berbentuk pameran produksi di Indonesia. Kali ini, pameran tersebut dihelat di JIEX Kemayoran Jakarta sejak 8 Mei sampai dengan 10 Mei 2014. Pameran kali ini mendapat dukungan Dewan Bisnis dari Pemerintah Kota Shanghai, Shanghai Municipal Komisi Ekonomi dan Teknologi Informasi, Shanghai Municipal Komisi BUMN Pengawasan Aset dan Administrasi, serta Pemerintah Kota Shanghai Komite Shanghai Municipal Sains dan Teknologi.

Catatan menunjukkan, ada 128 peserta semisal dari Shanghai, Ningbo, dan Zhejiang yang ikut ambil bagian. Selain sistem energi terbarukan, pameran ini berisi mesin-mesin untuk perlindungan lingkungan, peralatan teknik, elektronik dan peralatannya, piranti keras, lampu pencahayaan, peralatan rumah tangga, dekorasi rumah, alat tulis kantor, piranti lunak games, dan sebagainya. "Pameran ini akan lebih mempromosikan pertukaran ekonomi dan perdagangan," kata  pengurus Perhimpunan Pengusaha Tionghoa Indonesia Richard Tan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com