Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Malala Desakkan Aksi untuk Selamatkan Anak Nigeria

Kompas.com - 08/05/2014, 10:39 WIB
Malala Yousafzai, anak perempuan Pakistan yang selamat setelah ditembak oleh milisi Taliban, mengatakan, dunia tak bisa tinggal diam terhadap penculikan lebih dari 200 anak perempuan di Nigeria.

Dia mengatakan kepada BBC bahwa, "Jika kita tetap diam maka situasi ini akan meluas dan akan terjadi lebih banyak, banyak, dan banyak lagi".

Malala ditembak di bagian kepala pada 2012 lalu karena melakukan kampanye pendidikan untuk anak perempuan.

Nyawa anak perempuan berusia 16 tahun itu selamat setelah menjalani operasi dan rehabilitasi selama beberapa bulan di Inggris. Sekarang dia aktif melakukan kampanye pendidikan untuk anak-anak perempuan di seluruh dunia.

Malala menggambarkan anak-anak perempuan Nigeria sebagai "saudari" yang berada "di penjara".

Menurutnya, Boko Haram merupakan kelompok ekstremis yang tidak mengerti bahwa Islam menyatakan, para penganutnya memiliki tugas untuk mendidik diri mereka sendiri dan bersikap toleran dan baik terhadap sesama.

Anak-anak perempuan Nigeria diculik lebih dari tiga pekan yang lalu oleh kelompok milisi Islamis Boko Haram di Negara Bagian Borno.

Kecaman dunia

Pemimpin Boko Haram menyatakan, telah menculik anak-anak perempuan dari sekolah mereka di kota Chibok pada 14 April, dan mengancam akan "menjual" para siswi tersebut.

Mantan Sekjen PBB Kofi Annan juga mendesak aksi untuk menyelamatkan anak-anak yang diculik.

Dia mengkritik Pemerintah Nigeria dan negara Afrika lain karena tidak cepat bertindak terhadap aksi penculikan, dan meminta negara-negara Afrika untuk mengerahkan seluruh upaya untuk membebaskan anak-anak perempuan tersebut.

Penculikan anak-anak perempuan di Nigeria membayangi rencana pertemuan Forum Ekonomi Dunia di ibu kota Nigeria, Abuja, pada Rabu malam.

AS, Inggris, dan Perancis telah mengirimkan tim ahli ke Nigeria untuk membantu menemukan anak-anak perempuan.

Presiden Barack Obama mengecam penculikan tersebut. Ibu Negara Michelle Obama juga bergabung dengan kampanye melalui media sosial, dengan menulis kicauan dan mengunggah foto dirinya memegang kertas bertuliskan #BringBackOurGirls.

Polisi Nigeria pada Rabu (7/5/2014) menawarkan hadiah sebesar Rp 3,4 milliar kepada mereka yang dapat membantu menemukan lokasi dan menyelamatkan siswi-siswi sekolah tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com