Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Inggris Kirim Tim Pakar Bantu Tangani Penculikan di Nigeria

Kompas.com - 08/05/2014, 09:24 WIB
LONDON, KOMPAS.COM — Inggris akan mengirim sebuah tim kecil yang terdiri dari para ahli ke Nigeria untuk memberikan bantuan dalam menangani penculikan lebih dari 200 anak perempuan di negeri itu, kata juru bicara perdana menteri Inggris, Rabu (7/5/2014).

Tim itu akan berkonsentrasi pada perencanaan, koordinasi, dan saran bagi pemerintah daerah ketimbang operasi di lapangan untuk mencari gadis-gadis itu, yang ditangkap kelompok militan Islam Boko Haram pada 14 April lalu. Tim tersebut akan terbang ke Nigeria "sesegera mungkin", kata juru bicara Perdana Menteri David Cameron.

Para pakar itu akan diambil dari departemen pemerintah termasuk pertahanan, pembangunan internasional, serta kementerian urusan luar negeri dan mungkin termasuk perwira militer.

Inggris juga diharapkan dapat mengirim para petugas penghubung yang berbasis di Abuja. Para petugas penghubung itu akan berasal dari pasukan khusus SAS untuk membantu misi penyelamatan, lapor Times, Kamis.

Presiden Nigeria Goodluck Jonathan menerima tawaran itu ketika ia dan Cameron berbicara melalui telepon pada Rabu pagi.

Presiden AS Barack Obama telah mengirimkan sejumlah pakar militer ke Nigeria untuk membantu pencarian, dan tim Inggris tersebut akan melengkapi upaya mereka.

Juru bicara Cameron tidak dapat mengatakan seberapa besar tim itu. Juru bicara itu hanya menambahkan bahwa dalam pembicaraan telepon dengan Jonathan, Cameron menyatakan "keterkejutannya terkait serangan mengerikan itu dan memberikan dukungan sepenuh hati untuk rakyat Nigeria".

"Kedua pemimpin juga sepakat bahwa masing-masing pemerintahan harus mencari cara untuk lebih memperkuat kerja sama kontra-terorisme dalam jangka panjang demi mencegah serangan semacam itu pada masa depan," katanya. "Perdana Menteri dan Presiden setuju tentang pentingnya masyarakat internasional bekerja sama menghadapi tantangan yang ditimbulkan oleh ekstremisme dan kekerasan dari kelompok-kelompok Islam."

Ketika berbicara di parlemen sebelumnya, Cameron mengutuk penculikan itu sebagai "tindakan kejahatan". "Hal itu telah menyatukan orang di seluruh planet ini untuk berdiri bersama Nigeria guna membantu menemukan anak-anak itu dan mengembalikan mereka kepada orangtuanya," katanya kepada anggota parlemen.

Cameron mengatakan, Inggris telah "menawarkan bantuan beberapa kali" sejak penculikan itu. "Ini bukan hanya masalah Nigeria, ini merupakan masalah global," tambahnya. "Ada kelompok-kelompok ekstrem Islam di seluruh dunia kita yang menentang pendidikan, melawan kemajuan, menentang kesetaraan, dan kita harus melawan mereka di mana pun mereka berada."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com