Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Operasi Militer Yaman Tewaskan Pejuang Asing Al-Qaeda

Kompas.com - 07/05/2014, 21:38 WIB
SANA'A, KOMPAS.com - Operasi militer Yaman di wilayah selatan negeri itu dikabarkan berhasil menewaskan sejumlah pejuang asing Al-Qaeda di antara mereka terdapat warga negara Aljazair, Pakistan dan Arab Saudi. Demikian angkatan darat Yaman, Rabu (7/5/2014).

"Jasad Abu Ayub al-Jazairi, seorang pemimpin Al-Qaeda asal Aljazair ditemukan di Wadi Dhiqa, sebuah lembah di antara provinsi Shabwa dan Abyan," demikian Kementerian Pertahanan Yaman.

"Pemimpin Al-Qaeda lainnya, warga Pakistan Nakhii alias Mikassa, tewas dalam pertempuran melawan prajurit kami yang berani. Satu orang lagi adalah Abu Dojana (warga Saudi)," tambah Kemenhan Yaman sambil menambahkan kedua orang ini tewas di Shabwa.

Operasi militer Yaman ini dimulai pada 29 April di kawasan pegunungan di bagian tengah dan selatan negeri itu. Lokasi ini sama dengan lokasi serangan drone AS bulan lalu yang menewaskan puluhan anggota Al-Qaeda.

Sejumlah warga negara asing yang diduga menjadi anggota kelompok militan ini diyakini tewas dalam operasi militer tersebut. Di antara warga asing itu, terdapat juga warga Afganistan, Somalia dan Chechnya.

Di antara korban tewas terdapat dua komandan asing Al-Qaeda. Mereka adalah Abu Islam al-Shishani yang terkait jaringan Chechnya dan Abu Muslim al-Uzbeki yang berasal dari Uzbekistan.

Sejauh ini, menurut data pemerintah, sebanyak 75 anggota militan dan 24 prajurit Yaman tewas dalam operasi militer ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com