Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rusia Tidak Akan Lagi Rundingkan Ukraina

Kompas.com - 07/05/2014, 08:49 WIB
MOSKWA, KOMPAS.COM — Rusia tidak akan melakukan perundingan baru soal Ukraina seperti pertemuan Geneva kecuali kelompok oposisi pendukung Rusia dilibatkan, kata Menteri Luar Negeri Rusia Sergei Lavrov.

Lavrov menambahkan, hal tersebut tidak berguna karena kesepakatan bulan April antara Amerika Serikat, Uni Eropa, dan Rusia belum diterapkan.

Dia berbicara setelah dilakukannya pertemuan Dewan Eropa yang diperkirakan akan mendukung rencana Ukraina melakukan pemilihan umum tanggal 25 Mei.

Lavrov mengatakan "tidaklah biasa" mengadakan pemilu pada saat militer digunakan untuk melawan rakyat.

Menteri luar negeri sementara Ukraina, Andriy Deshchytsia, mengatakan, Ukraina siap mendukung putaran baru perundingan di Geneva selama Moskwa mendukung pemilihan presiden. "Jika Rusia siap mendukung pemilu ini dan mengurangi ancaman dan dukungan kepada kelompok ekstremis di Ukraina, kami siap melakukan putaran pertemuan," katanya pada sebuah konferensi pers.

Deshchytsia kemudian meminta pengamat internasional dikirim ke Ukraina untuk mengawasi pemilu tanggal 25 Mei.

Dalam beberapa hari terakhir, kekuatan keamanan melancarkan operasi terhadap kelompok pendukung Rusia di bagian timur negara tersebut memicu bentrokan di luar kota Sloviansk.

Menteri Dalam Negeri Arsen Avakov pada hari Selasa kemarin mengatakan, empat tentara dan kira-kira 30 anggota kelompok separatis tewas dalam "operasi antiterorisme".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com