Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Arab Saudi Berangus Sebuah Kelompok Teror

Kompas.com - 06/05/2014, 21:15 WIB
RIYADH, KOMPAS.com - Pemerintah Arab Saudi mengatakan telah berhasil memberantas sebuah "organisasi teroris" yang berencana menyerang fasilitas-fasilitas pemerintah dan kepentingan asing di Arab Saudi. Demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Arab Saudi, Rabu (6/5/2014).

Aparat keamanan Saudi menahan 62 orang tersangka kelompok itu, termasuk tiga orang warga asing. Dari semua yang ditahan 35 orang adalah warga Saudi yang pernah ditahan dalam berbagai kasus yang terkait masalah keamanan.

"Anggota organisasi ini memiliki kaitan dengan elemen-elemen ektremis di Yaman dan Suriah. Pemerintah masih memburu 44 orang lain yang namanya sudah kami kirim ke Interpol," demikian pernyataan Kemendargi Saudi.

Masih lewat pernyataan itu Kementerian Dalam Negeri Saudi mengatakan penangkapan diawali dengan kecurigaan terhadap aktivitas media sosial sejumlah anggota kelompok ini. Namun, kementerian tidak memberikan rincian lebih detil.

Pada Maret lalu, pemerintah Arab Saudi merilis daftar organisasi yang masuk dalam katagori kelompok teror. Dalam daftar itu termasuk Ikhwanul Muslimin, Front Al-Nusra di Suriah, Negara Islam Irak dan Mediterania Timur (ISIL) dan sejumlah kelompok militan di Suriah dan Irak.

Di dalam daftar itu juga terdapat sebuah kelompok yang kurang dikenal yaitu kelompok Hezbollah Saudi dan kelompok pemberontak Syiah Huthi di negeri tetangga, Yaman.

Pemerintah Saudi juga bertekad untuk menangkap siapapun yang mendukung kelompok-kelompok itu baik secara finansial maupun moral. Selain itu siapa saja yang mempromosikan kelompok-kelompok ini ke media sosial juga akan berurusan dengan hukum Saudi.

Pemerintah Saudi juga melarang partisipasi atau mengajak orang lain terlibat dalam konflik bersenjata di luar negeri misalnya dalam perang Suriah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com