Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

El-Sisi: Militer Tak Akan Punya Peran Lebih bila Saya Terpilih

Kompas.com - 06/05/2014, 08:43 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

KAIRO, KOMPAS.com — Mantan panglima militer Mesir, Abdel Fattah el-Sisi, berjanji bila terpilih menjadi presiden, maka dia tak akan memberi tentara peran lebih di pemerintahannya. Dia merupakan kandidat presiden yang diperkirakan berpeluang paling besar memenangi Pemilu pada 26-27 Mei 2014.

"Tentara tidak akan memiliki peran dalam pemerintahan Mesir," kata el-Sisi dalam wawancara yang disiarkan dua televisi di Mesir, Senin (5/5/2014). Ini adalah wawancara pertama el-Sisi setelah pada Maret 2014 dia mengumumkan pencalonan dirinya untuk pemilu presiden.

Selain Mursi, semua presiden dalam sejarah modern Mesir berlatar belakang militer, termasuk orang kuat Hosni Mubarak yang terguling pada awal 2011 melalui revolusi 18 hari yang populer.

Sisi menggulingkan Mursi pada 3 Juli 2013. Penggulingan ini diikuti dengan tindakan keras terhadap Ikhwanul Muslimin, organisasi pendukung Mursi, dan para simpatisannya.

Setidaknya 1.400 orang tewas sejak Juli 2013 dan lebih dari 15.000 orang dipenjara. Mursi dan pucuk pimpinan Ikhwanul Muslimin merupakan bagian dari mereka yang sekarang masih menjalani penahanan dan berhadapan dengan pengadilan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com