El-Sisi: Ikhwanul Tak Akan Ada Lagi di Mesir... - Kompas.com

El-Sisi: Ikhwanul Tak Akan Ada Lagi di Mesir...

Palupi Annisa Auliani
Kompas.com - 06/05/2014, 08:16 WIB
AFP Panglima Angkatan Bersenjata Mesir, Jenderal Abdel Fattah al-Sisi.

KAIRO, KOMPAS.com — Abdel Fattah el-Sisi, bakal calon presiden Mesir yang juga mantan komandan militer Mesir, menyatakan, Ikhwanul Muslimin tak akan ada lagi di negara itu bila dia terpilih menjadi presiden. Dia juga menuduh organisasi itu menggunakan milisi untuk mengacaukan Mesir.

Dalam wawancara yang ditayangkan di televisi terkait kampanye pencalonannya, Senin (5/5/2014), el-Sisi bersumpah akan memulihkan stabilitas, dan membuat perbaikan adalah prioritas yang menjadi janji kampanyenya.

Pernyataan el-Sisi ini merupakan penolakan tegas dan nyata untuk kemungkinan rekonsiliasi politik lewat cara apa pun dengan Ikhwanul Muslimin. Organisasi tersebut merupakan pendukung utama dari Presiden terguling Mesir, Muhammad Mursi, yang digulingkan el-Sisi dengan kekuatan militer pada Juli 2013.

Sejak penggulingan Mursi, el-Sisi menampilkan diri sebagai sosok penyelamat Mesir. Saat ini dia menjadi kandidat terkuat untuk pencalonan presiden Mesir. Pemilu Negeri Piramida ini dijadwalkan berlangsung pada 26-27 Mei 2014.

Lawan terdekat el-Sisi adalah Hamdeen Sabahi, politisi sayap kiri. Dia adalah peraih suara ketiga dalam pemilu terakhir Mesir pada 2012 yang dimenangkan Mursi.

Menurut el-Sisi, Ikhwanul Muslimin adalah organisasi yang berdasarkan arogansi agama. "Struktur pemikiran kelompok ini mengatakan bahwa kita bukan Muslim sejati dan mereka percaya konflik tak terelakkan karena kita tidak percaya," ujar dia. "Ini tidak bekerja untuk pemikiran seperti itu lagi."


Ikuti perkembangan berita ini dalam topik:
PenulisPalupi Annisa Auliani
EditorPalupi Annisa Auliani
Komentar

Close Ads X
Close [X]
Radio Live Streaming
Sonora FM • Motion FM • Smart FM