Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Dituduh Bocorkan Rahasia Militer, Pria China Dipenjara 10 Tahun

Kompas.com - 05/05/2014, 17:39 WIB
BEIJING, KOMPAS.com - Seorang pria China pemilik toko makanan ringan dijatuhi hukuman penjara 10 tahun karena dianggap membocorkan rahasia militer termasuk sejumlah dokumen dan foto untuk agen intelijen asing. Demikian kantor berita Xinhua mengabarkan, Senin (5/5/2014).

Tersangka, yang hanya diidentifikasi bernama Li berasal dari provinsi Guangdong. Dia didekati "mata-mata asing" dengan nama Feige lewat internet. Dalam bahasa China, Feige berarti saudara yang terbang.

"Sejak 2007 Feige sudah merekrut 12 orang di Guangdong dan 40 orang lainnya di lebih dari 20 provinsi untuk memberikan informasi militer lewat sarana toko buku online dan situs penggemar militer," demikian Xinhua.

Namun, laporan itu tidak memberikan detil soal Feige, seperti untuk negara apa dia bekerja. Laporan itu hanya menyebut Li memberikan informasi untuk "badan intelijen asing".

Li (41) berasal dari kota Shantou, ditudih memberikan 23 dokumen rahasia dan juga mengawasi sejumlah pangkalan militer dan  mengirimkan sejumlah foto peralatan militer. Li juga diyakini bergabung dalam publikasi internal militer untuk kepentingn Feige.

Laporan itu juga tidak menyebutkan bagaimana Li bisa memperoleh dokumen-dokumen rahasia itu. Xinhua juga tidak menyebutkan lokasi pengadilan yang menghukum Li.

Sementara itu, juru bicara Kementerian Luar Negeri Chna, Hua Chunying mengatakan dia tidak mengetahui kasus ini karena masalah seperti ini di luar wewenang kemenlu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com