Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lima Kapal NATO Tiba di Lituania Saat Krisis Ukraina Berlanjut

Kompas.com - 02/05/2014, 15:43 WIB
VILNIUS, KOMPAS.COM -- Lima kapal NATO tiba di pelabuhan Klaipeda, Lituania, Jumat (2/5/2014). Kehadiran kapal-kapal itu untuk meningkatkan pertahanan di wilayah itu di tengah ketegangan dengan Rusia terkait krisis Ukraina, kata kementerian pertahanan negara Baltik tersebut.

Dalam sebuah upacara, Menteri Pertahanan Lituania, Juozas Olekas, menyambut kapal-kapal itu—empat kapal penyapu ranjau dan sebuah kapal pendukung dari Norwegia, Belanda, Belgia, dan Estonia—saat NATO berusaha untuk meyakinkan Lituania dan negara-negara anggota lainnya yang gelisah di wilayah tersebut.

"Kedatangan kapal-kapal NATO merupakan tanda lain dari persatuan dan solidaritas NATO," kata Olekas kepada kantor berita AFP melalui telepon setelah upacara di kota pelabuhan yang terletak di sebelah barat negara itu.

Dia menyebut peningkatan kehadiran NATO sebagai sebuah "langkah penangkal" terhadap Rusia, yang memiliki sekitar 40.000 tentara yang telah berkumpul di perbatasan Ukraina timur.

NATO mengerahkan kekuatan angkatan laut ke Laut Baltik pekan lalu. Pihak NATO mengatakan, hal itu menunjukkan "komitmen aliansi itu terhadap keselamatan dan keamanan negara-negara Baltik yang menjadi anggotanya."

Kementerian pertahanan Lituania mengatakan, kapal-kapal NATO juga akan mengunjungi pelabuhan Baltik yang lain dan berpartisipasi dalam sebuah operasi pencarian ranjau di negara tetangga, Latvia, akhir bulan ini.

Sekitar 600 tentara AS telah dikirim ke Lituania, Latvia, Estonia, dan Polandia dalam beberapa pekan terakhir. Sementara Inggris, Perancis, dan Denmark telah mengirim sejumlah jet tempur tambahan.

Menteri Pertahanan Inggris, Philip Hammond, akan mengunjungi pasukannya di pangkalan udara Siauliai di Lituania pada Jumat malam.

Tindakan Rusia di Ukraina telah mengguncang negara-negara Baltik, yang diduduki dan dianeksasi Moskwa dalam Perang Dunia II.

Tiga negara kawasan itu, yaitu Lituania, Latvia, dan Estonia, terbebas dari Uni Soviet yang bubar pada 1991 dan bergabung dengan Uni Eropa dan NATO pada tahun 2004.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AFP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com