Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Udara Tewaskan Puluhan Orang di Aleppo

Kompas.com - 02/05/2014, 08:15 WIB
Sedikitnya 33 orang tewas dalam serangan udara atas sebuah pasar di kawasan yang dikuasai kelompok pemberontak Suriah di kota Aleppo. Para pegiat di Aleppo menyebutkan helikopter pemerintah menjatuhkan tiga bom di kawasan tersebut, yang saat itu penuh dengan warga yang sedang berbelanja.

Sebuah video yang diterbitkan di internet memperlihatkan ambulans melintasi puing-puing dari gedung yang rusak dan rongsokan mobil. Kelompok Pengamat Hak Asasi Suriah yang bermarkas di London mengatakan serangan itu terjadi di distrik Halak, Kamis 1 Mei.

Sementara jumlah korban, menurut Pusat Media Aleppo, mencapai 40 jiwa dan dua bangunan pemukiman rusak.

Serangan ini terjadi sehari setelah pesawat tempur pemerintah menghantam sebuah sekolah di Aleppo selatan dan menewaskan 18 orang, termasuk 10 anak-anak.

Badan PBB untuk anak dan pendidikan, UNICEF, sudah menyampaikan kecaman atas dua serangan di Aleppo, yang disebut sebagai serangan tanpa pandang bulu atas sekolah dan sasaran-sasaran sipil.

"Serangan-serangan ini tampaknya bereskalasi, sama sekali tidak menghargai semua seruan yang sudah dilakukan untuk menghentikan lingkaran kekerasan yang gila ini dan untuk menghindari pelanggaran hukum internasional," kata UNICEF seperti tertulis dalam pernyatannya.

Aleppo menjadi salah satu medan pertarungan sengit antara pasukan pemerintah dengan kelompok pemberontak, dan sering menjadi sasaran serangan udara pemerintah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com