Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Mobil Bunuh Diri Taliban Tewaskan 13 Orang

Kompas.com - 01/05/2014, 22:47 WIB
KABUL, KOMPAS.com -- Sebuah aksi bom mobil bunuh diri yang dilakukan kelompok Taliban, Kamis (1/5/2014), di provinsi Panjshir, Afganistan, yang biasanya tenang, menewaskan 13 orang, termasuk enam orang polisi.

"Seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan mobilnya yang penuh bahan peledak setelah polisi mengetahui identitasnya," kata Abdul Aziz Ghairat, kepala kepolisian provinsi Panjshir.

"Enam polisi dan tujuh warga sipil tewas. Sejumlah warga sipil dan polisi juga terluka," tambah Abdul Aziz.

Kementerian Dalam Negeri Afganistan membenarkan insiden yang terjadi di pos pemeriksaan kendaraan yang akan memasuki provinsi Panjshir itu.

"Sekitar pukul 17.00, seorang pengebom bunuh diri yang mengendarai sedan Toyota meledakkan mobilnya di pos pemeriksaan," demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Afganistan.

Provinsi Panjshir di sebelah utara Kabul merupakan basis perlawanan anti-Taliban sejak kelompok itu berkuasa pada 1996-2001. Provinsi ini relatif aman dan stabil sejak Taliban didepak dari kekuasaan.

Kawasan Panjshir yang curam di pegunungan Hindu Kush itu juga terkenal akan warganya yang gigih melawan pasukan pendudukan Uni Soviet pada 1980-an.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com