Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan Amerika Berhenti karena Gangguan Komputer di Los Angeles

Kompas.com - 01/05/2014, 09:11 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

LOS ANGELES, KOMPAS.com — Gangguan komputer di pusat kontrol lalu lintas udara California, Amerika Serikat, Rabu (30/4/2014) malam, mengganggu penerbangan di seluruh Amerika Serikat selama sekitar satu jam.

Tak berselang lama setelah pukul 21.00 GMT, Rabu, atau Kamis (1/5/2014) pukul 05.00 WIB, otoritas penerbangan Amerika Serikat (FAA) memerintahkan penghentian penerbangan dari dan menuju Bandara Internasional Los Angeles dan semua bandara di kawasan selatan California.

"Pusat kontrol lalu lintas udara FAA di Los Angeles mengalami masalah teknis dan berhenti menerima penerbangan ke wilayah yang dikelola fasilitas itu selama satu jam," kata FAA dalam pernyataannya.

"Beberapa penerbangan dialihkan dan FAA mengeluarkan perintah groundstop nasional untuk penerbangan menuju ke wilayah udara yang dikelola oleh pusat pengendali (di Los Angeles tersebut)."

Perintah groundstop ditangkap sesaat sebelum pukul 22.30 GMT, Rabu, atau di Indonesia adalah pukul 06.30 WIB, Kamis. Meski demikian, dampak layanan penerbangan itu adalah antrean penundaan keberangkatan yang masih berlanjut, terutama di Los Angeles dan San Diego.

Sekitar 10 pesawat tujuan Los Angeles telah dialihkan selama gangguan tersebut. Adapun 30 pesawat gagal berangkat sesuai jadwal dari bandara internasional tersebut karena gangguan ini.

Bandara internasional Los Angeles dengan kode internasional LAX merupakan bandara tersibuk ketiga di Amerika Serikat. Bandara ini melayani lebih dari 66 juta penumpang pada 2013.

Bersamaan dengan gangguan komputer di Los Angeles, beberapa bandara di kawasan Pantai Timur Amerika Serikat, seperti Bandara Internasional Dulles di Washington, juga harus mengalami penundaan jadwal penerbangan karena cuaca buruk.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com