Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Rumah Sakit MSF di Afrika Tengah Diserbu, 22 Tewas

Kompas.com - 28/04/2014, 15:36 WIB
BANGUI, KOMPAS.com - Sedikitnya 22 orang tewas, termasuk tiga staf dari organisasi amal Medecins Sans Frontieres (MSF) sepanjang akhir pekan lalu setelah sekelompok orang bersenjata menyerang rumah sakit yang dikelola MSF di Afrika Tengah.

"Orang-orang bersenjata bekas anggota Seleka (pemberontak) dan etnis Fula pada Sabtu siang menyerang sebuah rumah sakit yang dikelola MSF di wilayaj Nanga Boguila, menewaskan 22 orang termasuk tiga staf lokal MSF dan melukai puluhan orang lainnya," kata seorang perwira pasukan perdamaian Uni Afrika, MISCA.

MSF dalam pernyataannya membenarkan tiga stafnya tewas dalam serangan di wilayah barat laut negeri yang dikoyak perang itu. "Serangan itu terjadi saat staf lokal dan para pekerja MSF sedang menggelar sebuah pertemuan," tambah perwira MISCA itu.

Para penyerang, sambung si perwira, melepaskan tembakan ke arah sekelompok orang dan menewaskan empat orang di antaranya. "Lalu mereka menyerbu rumah sakit dan menewaskan 15 orang dan tiga star MSF," tambah dia.

Para penyerang kemudian mengambil sejumlah komputer dan sejumlah aset penting lainnya. Mereka sempat menghancurkan sejumlah pintu dan kemungkinan mereka mencari uang tunai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com