Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/04/2014, 13:16 WIB
 
HONGKONG, KOMPAS.com — Majalah Time memasukkan nama Erwiana Sulistyaningsih (23), pekerja migran Indonesia yang disiksa majikannya di Hongkong, dalam daftar 100 orang paling berpengaruh di dunia.

Time memuji keberanian Erwiana melawan majikan yang menyiksanya. Keberanian Erwiana ini, menurut Time, membuka mata dunia terkait perlakuan Hongkong terhadap para buruh migran, dan mendorong kota itu menerbitkan undang-undang perlindungan buruh migran perempuan.

"Perempuan seperti inilah, yang berani berbicara untuk mereka yang tak bisa bersuara, yang akan membuat perubahan yang akan bertahan lama," kata aktivis Kamboja, Somaly Mam, menilai Erwiana.

"Erwiana mendorong adanya undang-undang baru untuk melindungi mereka yang bernasib sama dengan dirinya. Dia menempatkan komunitas yang rapuh dan tak terlihat ini ke posisi yang kini bisa dilihat dunia," tambah Mam.

Sementara itu, juru bicara Badan Koordinasi Migran Asia, Eman Villanueva, mengatakan, pengakuan Time terhadap Erwiana ini membawa perhatian dunia terkait perlakukan buruk yang diterima para buruh domestik migran di Hongkong.

"Pengakuan Time ini membuktikan bahwa isu-isu pekerja domestik migran, perbudakan, eksploitasi dan kekerasan yang mereka alami adalah sesuatu yang harus diperhatikan dunia internasional," ujar Eman.

Villanueva menambahkan, aksi-aksi yang dilakukan Erwiana dan pengakuan Time terhadap dirinya akan sangat membantu pemberdayaan para buruh migran domestik korban kekerasan untuk bersuara.

"Ini akan mendorong dan memperkuat korban-korban lainnya untuk terbuka, dan berjuang untuk mendapatkan hak mereka, serta mencari keadilan," tambah Eman.

Di Hongkong, terdapat sedikitnya 300.000 pembantu rumah tangga, sebagian besar asal Indonesia dan Filipina.

Dalam daftar yang dikeluarkan Time ini, nama lain yang termasuk di dalamnya adalah Malala Yousafzai, remaja Pakistan yang selamat dari upaya pembunuhan oleh Taliban pada 2012, dan kini menjadi aktivis pendidikan untuk perempuan.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com