Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hamas-Fatah Berdamai, Israel Tunda Pembicaraan Damai

Kompas.com - 25/04/2014, 08:19 WIB

JERUSALEM, KOMPAS.com - Israel sudah menangguhkan perundingan damai dengan Palestina setelah tercapainya rekonsiliasi antara faksi Hamas dan Fatah.

Keputusan itu dicapai setelah Perdana Menteri Israel, Benjamin Netanyahu, memimpin pertemuan kabinet Israel selama enam jam.

Faksi-faksi Palestina mengumumkan kesepakatan Klik rekonsiliasi, Rabu (23/4/2014), dengan mengatakan akan berupaya membentuk pemerintahan bersatu dalam beberapa pekan mendatang.

Menteri Luar Negeri Israel, Avigdor Liberman, hari ini mengatakan bahwa langkah tersebut membuat kesepakatan damai menjadi "tidak mungkin".

Sebelumnya seorang pejabat senior Amerika Serikat mengatakan Gedung Putih terpaksa mempertimbangkan kembali bantuan ke Palestina jika Hamas dan Fatah membentuk pemerintahan bersatu, tujuh tahun setelah kedua faksi itu bertikai.

Amerika Serikat bersama dengan Israel dan Uni Eropa menganggap Hamas sebagai kelompok teroris.

Para pejabat Palestina mengatakan rekonsiliasi sebagai urusan dalam negeri dan rakyat Palestina bersatu akan menguatkan perdamaian.

Perundingan langsung kedua Israel dan Palestina terancam ambruk setelah Amerika Serikat menyerukan "langkah-langkah yang tidak membantu" awal bulan ini.

Otorita Palestina mengajukan permohonan untuk masuk dalam 15 konvensi PBB, yang ditanggapi Israel dengan pembatalan pembebasan tahanan Palestina dan mengurangi kontak dengan Palestina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com