Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Dukung Jepang dalam Sengketa Pulau Senkaku

Kompas.com - 24/04/2014, 11:51 WIB
TOKYO, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama, Kamis (24/4/2014), dalam jumpa pers bersama PM Jepang, Shinzo Abe, mengatakan, Kepulauan Senkaku, yang menjadi pusat sengketa wilayah Jepang dan Tiongkok, termasuk dalam perjanjian pertahanan kedua negara.

Itu berarti Washington memiliki tanggung jawab untuk bertindak jika Tiongkok melakukan agresi ke kepulauan tersebut.

"Ayat lima (perjanjian keamanan AS-Jepang) mencakup semua wilayah pemerintahan Jepang, termasuk Kepulauan Senkaku," kata Obama.

Obama menambahkan, ia tidak melihat alasan perlunya perubahan terhadap isi perjanjian itu. Dia melanjutkan, salah satu bagian konsisten dalam perjanjian tersebut adalah mencakup semua wilayah administrasi Jepang.

"Kami sepakat untuk menyerukan agar semua sengketa di wilayah ini, termasuk masalah-masalah kelautan, untuk diselesaikan secara damai lewat dialog," kata Obama.

Sebelum menggelar jumpa pers ini, Presiden Obama dan PM Abe melakukan pembicaraan terkait masa depan perjanjian keamanan kedua negara.

Kedua pemimpin memuji kerja sama pertahanan yang disebut Obama sebagai "fondasi" stabilitas di Asia Pasifik. Korea Utara juga menjadi salah satu isu yang dibicarakan kedua pemimpin tersebut.

"Persekutuan Jepang-AS adalah fondasi tak hanya untuk keamanan Asia Pasifik, tetapi juga untuk seluruh kawasan," ujar Obama.

Setelah mengunjungi Jepang, Presiden Obama dijadwalkan melawat ke Korea Selatan, Malaysia, sebelum mengakhiri kunjungannya di Filipina.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com