Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 24/04/2014, 09:06 WIB
LONDON, KOMPAS.com — Dua pesawat pengebom Rusia yang terbang di dekat wilayah udara Inggris, Rabu (23/4/2014), diusir jet tempur angkatan udara Inggris, RAF.

Dua pesawat pengebom itu, yang diyakini dari jenis Tupolev TU-95, terlihat di lepas pantai sebelah timur laut Skotlandia. Mereka kemudian diusir sebuah jet tempur RAF jenis Thyphoon yang diterbangkan dari pangkalan udara Leuchars, dekat Dundee, Skotlandia.

"Pesawat militer Rusia masih berada di wilayah udara internasional, dan mereka tidak melanggar hal itu. Pesawat Rusia tidak pernah memasuki wilayah kedaulatan Inggris tanpa izin," kata seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris.

Insiden itu terjadi di tengah memanasnya ketegangan internasional terkait situasi di Ukraina, menyusul aneksasi Semenanjung Crimea oleh Rusia, bulan lalu.

Insiden itu juga menyusul kedatangan sebuah kapal perang Rusia, Admiral Kulakov, di dekat perairan Inggris.

Seorang juru bicara Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan, pergerakan kapal perang Rusia itu kini diawasi oleh kapal perusak Inggris, HMS Dragon.

Seperti dikabarkan Sky News, dua pesawat pengebom Rusia itu "dikawal" jet Thyphoon bersama-sama jet tempur milik Belanda dan Denmark hingga kedua pesawat pengebom itu mengarah ke Skandinavia.

TU-95 yang juga dikenal sebagai "Si Beruang" merupakan sebuah pesawat bermesin turboprop yang juga bisa digunakan untuk misi-misi pengintaian udara. Pesawat jenis ini sudah digunakan AU Rusia selama lebih dari 50 tahun.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com