Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ibu Negara Gelar Jamuan Makan Malam, Presiden Iran Dikecam

Kompas.com - 23/04/2014, 16:01 WIB
TEHERAN, KOMPAS.com — Sebuah pesta mewah khusus untuk para perempuan yang digelar ibu negara Iran berbuah kritikan kepada Presiden Hassan Rohani dari para ulama garis keras.

Pesta jamuan makan malam yang digelar Sahebeh Arabi, istri Rohani, digelar di bekas istana Shah Iran di kawasan elite Teheran utara.

Jamuan makan malam yang digelar akhir pekan lalu itu dilakukan dalam rangka memperingati Hari Perempuan yang juga bertepatan dengan hari kelahiran putri Nabi Muhammad, Fatimah.

Parlemen Iran yang didominasi golongan garis keras mengecam ajang itu dan mengatakan Rohani tega menunjukkan kemewahan, sementara sebagian besar rakyat Iran menderita akibat sanksi ekonomi Barat.

"Bisakah seseorang membicarakan soal penghematan dan pengorbanan finansial, tetapi pada saat yang sama menggelar pesta mewah menggunakan uang rakyat?" tanya seorang anggota parlemen Iran.

Tak hanya mempertanyakan ajang jamuan makan malam itu, sejumlah anggota parlemen juga menandatangani petisi yang isinya mengecam Presiden Rohani.

Sementara itu, kantor kepresidenan Iran membantah bahwa jamuan makan malam itu adalah sekadar pesta pora unjuk kemewahan.

"Sangat mengejutkan dan disesalkan bahwa sebuah perkumpulan biasa tak luput dari gosip yang sudah diatur dan berlatar belakang politik," demikian pernyatan kantor kepresidenan.

"Bahkan, dalam acara ini, semua aturan Islam dijalankan. Semua perempuan yang hadir menggunakan pakaian tradisional, hanya sebagian anak-anak yang terlihat melompat-lompat gembira," tambah pernyataan itu.

Pernyataan ini dikeluarkan untuk menegaskan bahwa pesta tersebut, meski dihadiri para diplomat dan tamu asing, bukanlah sebuah pesta bergaya Barat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Al Arabiya
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com