Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Kerahkan Pasukan ke Polandia dan Baltik

Kompas.com - 23/04/2014, 09:37 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM - Amerika Serikat mengatakan sedang mengerahkan 600 pasukan ke Polandia dan tiga negara Baltik yang berbatasan dengan Rusia. Pengerahan itu, menurut pemerintah Amerika Serikat, sebagai bentuk komitmennya atas kewajiban keamanan di Eropa.

Seorang juru bicara Departemen Pertahanan, Laksamana Muda John Kirby, mengatakan pasukan akan mulai tiba Rabu 23 April dan akan ikut serta dalam latihan bilateral.

"Sejak agresi Rusia di Ukraina, kami secara terus-menerus melihat berbagai jalan untuk meyakinkan sekutu dan mitra kami," jelas Kirby dalam konferensi pers di Washington.

Dia menambahkan tidak ada batas waktu dalam pengerahan pasukan di Polandia, Estonia, Lithuania, dan Latvia. "Seberapa jauh hal ini? Saya tidak bisa memberi secara khusus batas waktu dan jadwal waktunya."

Pengerahan rencananya akan berlangsung dengan sistem rotasi pasukan untuk masa sepanjang sisa tahun ini.

Krisis di Ukraina -dengan bergabungnya Crimea ke Rusia- menimbulkan kekhawatiran Amerika Serikat atas kestabilan di kawasan Eropa. Sejak krisis tersebut, Pentagon sudah mengirimkan 12 pesawat tempur F-16 dan tim pendukung kekuatan udara ke Polandia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com