Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejak Januari, 61 Warga Guinea Tewas akibat Ebola

Kompas.com - 20/04/2014, 02:10 WIB
CONAKRY, KOMPAS.com - Sejak Januari lalu, virus ebola yang merebak di Guinea sudah menewaskan 61 orang dari 109 orang yang dipastikan terpapar virus mematikan itu. Demikian penjelasan pemerintah Guinea, Sabtu (19/4/2014).

"Mulai saat ini, analisa biologis akan dilakukan lebih cepat dan korban tewas tidak akan termasuk mereka yang belum positif teridentifikasi terjangkit ebola," kata juru bicara pemerintah Guinea, Damantang Albert Camara.

Kota yang paling parah terjangkit ebola adalah Gueckedou, yang terletak di sebelah selatan negeri itu. Di kota ini dari 58 orang yang dipastikan terjangkit ebola, 34 orang di antaranya meninggal dunia.

Sementara di ibu kota Conakry, terdapat 36 kasus positif ebola dan 15 orang penderita penyakit ini sudah meninggal dunia. Virus mematikan ini sudah menyeberang ke negeri tetangga Guinea, Liberia yang memastikan enam orang warga negeri itu terjangkit ebola.

Sejauh ini pemerintah Liberia masih menyelidiki 27 kasus deman yang disertai pendarahan dan 13 kematian warga. Pemeriksaan ini untuk memastikan apakah mereka sudah terjangkiti ebola.

Hingga kini belum ditemukan vaksin ebola, penyakit yang bisa ditularkan dari darah atau cairan tubuh dari hewan liar yang sakit atau mati.

Virus itu kemudian sangat mudah menjangkiti manusia cukup melalui kontak dengan darah yang terinfeksi ebola, cairan serta jaringan tubuh penderita.

Penyebaran penyakit ini hanya bisa dihentikan dengang mengisolasi penderita dalam kondisi yang sangat bersih dan mengkarantina mereka yang diduga telah melakukan kontak dengan penderita ebola.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com