Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Papua Niugini Diguncang Gempa 7,5 SR

Kompas.com - 19/04/2014, 23:07 WIB
PORT MORESBY, KOMPAS.com - Sebuah gempa bumi berkekuatan 7,5 magnitude menghantam Papua Niugini, Sabtu (19/4/2014) larut malam. Demikian Badan Survey Geologi AS (USGS) menyampaikan.

Akibat gempa ini, Pusat Peringatan Dini Tsunami Pasifik yang berpusat di Hawaii mengeluarkan peringatan tsunami untuk Papua dan Kepulauan Solomon. Namun, kemudian peringatan itu dibatalkan.

Gempa itu berpusat di lokasi sejauh 75 kilometer sebelah barat daya kota Panguna, pulau Bougainville di kedalaman 30 kilometer pada pukul 23.30 waktu setempat.

Tak berapa lama setelah gempa itu, sebuah gempa susulan berkekuatan 5,6 magnitude terjadi di kawasan yang sama sekitar 20 menit setelah gempa pertama di kedalaman 69 kilometer.

Gempa dengan kekuatan seperti ini kerap terjadi di sekitar Papua yang terletak di kawsan Cincin Api Pasifik, sebuah tempat pertemuan dua patahan tektonil besar.

Pada Februari tahun lalu,n kota Lata di Kepulauan Solomon yang terpencil hancur dihantam tsunami yang merupakan akibat gempa berkekuatan 8,0 magnitude. Tsunami itu mengakibatkan 10 orang tewas dan menghancurkan ratusan rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com