Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa 7,2 SR Guncang Meksiko

Kompas.com - 19/04/2014, 02:00 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber

MEXICO CITY, KOMPAS.com — Gempa berkekuatan 7,2 skala Richter mengguncang ibu kota dan pantai Pasifik Meksiko, Jumat (18/4/2014). Belum ada laporan mengenai korban jiwa ataupun kerusakan besar.

Survei Geologi AS (USGS) mengatakan, pusat gempa berada 36 kilometer di barat laut Tecpan, berdekatan dengan resor Pasifik di Acapulco, di barat daya Negara Bagian Guerrero.

Pusat gempa ini, menurut USGS, berada pada kedalaman 24 kilometer dari permukaan tanah. Semula kekuatan gempa dilaporkan mencapai 7,5 skala Richter. Adapun Layanan Seismologi Nasional Meksiko menyebutkan kekuatan gempa adalah 7,0 skala Richter.

Turis di Acapulco mengalir keluar dari hotel dan bangunan-bangunan. Helikopter berkeliling memeriksa kerusakan. "Tidak ada laporan korban tewas atau cedera," kata Ricardo de la Cruz, Direktur Perlindungan Sipil Federal.

Wali Kota Mexico City Miguel Angel Mancera mengatakan di Twitter, pihak berwenang masih memeriksa kerusakan di ibu kota negara itu. "Saat ini kami hanya melihat orang mengungsi," ujar dia.

Victor Espindola, ahli Seismologi Layanan Nasional, mengatakan bahwa tsunami mungkin terjadi setelah terjadinya gempa. Mexico City, kota metropolis dengan 20 juta penduduk, sensitif terhadap gempa karena berada di atas tanah lunak dari sebuah danau yang dikeringkan.

Pada 1985, ribuan orang tewas di Mexico City saat bangunan runtuh akibat gempa berkekuatan 8,1 skala Richter yang berpusat di Pasifik.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com