Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kapal dengan 476 Penumpang Tenggelam di Korsel

Kompas.com - 16/04/2014, 11:05 WIB
SEOUL, KOMPAS.COM - Puluhan kapal dan helikopter penyelamat sedang berupaya untuk menyelamatkan lebih dari 470 orang, termasuk banyak siswa SMA, yang terjebak di sebuah feri yang sedang tenggelam di lepas pantai selatan Korea Selatan, Rabu (16/4/2014), kata sejumlah pejabat. Sejauh ini belum ada laporan tentang korban jiwa dalam kecelakan itu.

Feri dengan 476 orang di atasnya, termasuk 325 siswa SMA, sedang berlayar ke Pulau Jeju di selatan negara itu ketika mengirim panggilan darurat pada Rabu pagi karena mulai miring ke satu sisi, kata Departemen Keamanan dan Administrasi Publik Korea Selatan (Korsel).

Park Hye-rang, seorang petugas penjaga pantai setempat, mengatakan melalui telepon bahwa 147 penumpang telah diselamatkan sejauh ini, tetapi ia tidak memberikan rincian lebih lanjut. Foto-foto di media lokal menunjukkan kapal yang miring ke samping, sebagian badan kapal terendam, sementara sejumlah helikopter terbang di atasnya dan sejumlah kapal penyelamat dan sebuah perahu kecil yang ditutupi terpal oranye berada di dekatnya.

Para siswa itu berasal dari sebuah sekolah menengah atas di kota Ansan, dekat Seoul. Mereka sedang dalam perjalanan ke pulau Jeju untuk perjalanan empat hari. Kapal itu meninggalkan pelabuhan Incheon, di Seoul barat, pada Selasa malam.

Sebanyak 18 helikopter dan 34 kapal penyelamat telah dikirim ke daerah itu, kata Lee Gyeong-og, seorang pejabat tinggi Korsel, dalam konferensi pers yang disiarkan televisi. Dia mengatakan, President Park Geun-hye telah memerintahkan operasi penyelamatan untuk mencegah adanya korban jiwa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com